BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Dewasa
ini, sudah tak dapat dielakkan lagi bahwa minat untuk belajar seseorang akan
mudah sekali naik turun. Agar minat untuk belajar ini senantiasa tetap naik
dalam waktu ke waktu, maka setiap siswa harus memiliki keinginan untuk tetap
terus belajar. Agar keinginan untuk tetap terus belajar itu ada dan semakin
meningkat frekuensinya, maka setiap siswa tentu saja harus memiliki motif-motif
tertentu yang menyebabkan ia harus tetap semangat belajar.
Keseluruhan motif-motif yang menjadikan seseorang menjadi semangat
belajar ini, secara umum dapat dikatakan sebagai motivasi. Maksud dari motivasi
belajar disini adalah keseluruhan daya
penggerak yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan belajar
dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga tujuan dapat tercapai.
Berdasarkan pengertian motivasi tersebut, sudah
sangat jelas bahwa motivasi dalam proses belajar sangat penting. Karena yang
dibicarakan adalah proses belajar, maka manfaat motivasi tidak hanya dirasakan
oleh siswa, namun juga oleh seorang guru. Melalui pengetahuan tentang motivasi,
seorang guru dapat mengetahui dan memahami motivasi belajar siswa di kelas,
bahakan dapat juga membantu sisiwa untuk meningkatkan motivasinya. Mengingat
pentingnya pengetahuan akan motivasi, maka pembahasan mengenai motivasi belajar
dirasa perlu untuk diangkat.
1.2
Rumusan
Masalah
Adapun
rumusan masalah yang akan dibahas yaitu:
1. Apa
yang dimaksud dengan motivasi belajar?
2. Mengapa
motivasi dalam belajar penting?
3. Apa
unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar?
4. Bagaimana
upaya meningkatkan motivasi belajar?
1.3
Tujuan
Penulisan
Tujuan
dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut;
2. Mengetahui
fungsi motivasi dalam belajar
3. Mengetahui
unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar
4. Mengetahui
upaya-upaya meningkatkan motivasi belajar.
1.4
Manfaat
Penulisan
Manfaat
dari penulisan ini adalah agar para pembaca mengetahui secara lebih rinci
mengenai motivasi belajar.
1.5
Metode
Penulisan
Metode
penulisan yang digunakan dalam pembuatan makalah ini adalah dengan menggunakan
metode studi pustaka.
BAB
II
ISI
2.1 Pengertian Motivasi Belajar
Menurut Sudirman (1992:73) Motivasi diartikan
sebagai daya penggerak yang telah menjadi aktif. Motif menjadi aktif pada
saat-saat tertentu, terutama bila kebutuhan untuk mencapai tujuan sanagt
dirasakan mendesak. Sedangkan menurut Natawijaya dan Moesa (1992:54) Motivasi
adalah suatu proses untuk menggiatkan motif atau motif-motif menjadi tindakan
atau perilaku untuk memuaskan atau memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai
tujuan.
Menurut Mc. Donald (dalam Sardiman 1992:73-74)
motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan
munculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.
Pendapat tersebut menunjukkan dalam pengertian motivasi terdapat tiga elemen
penting, yaitu motivasi mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap individu, motivasi ditandai
dengan munculnya feeling, afeksi seseorang, motivasi akan dirangasang karena
adanya tujuan.
Dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan
sebagai keseluruhan daya penggerak yang menimbulkan kegiatan belajar, yang
menjamin kelangsungan belajar dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga
tujuan dapat tercapai.
Siswa belajar karena didorong oleh kekuatan
mentalnya.Kekuatan mental itu berupa keinginan, perhatian, kemauan, atau
cita-cita.Kekuatan mental tersebut dapat tergolong rendah atau tinggi.Ada ahli
psikologi pendidikan yang menyebut kekuatan mental yang mendorongterjadinya
belajar tersebut sebagai motivasi belajar.Motivasi dipandang sebagai dorongan
mental yang menggerakan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku
belajar.Dalam motivasi terkandung adanya pengarahan sikap dan perilaku belajar
individu. (Koeswara, 1989:Siagian, 1989 :Schein : Biggs &Teller, 1987).
Ada tiga komponen utama dalam motivasi yaitu; (i)
kebutuhan, (ii) dorongan , (iii) tujuan. Kebutuhan terjadi bila individu merasa
ada ketidakseimbangan antara apa yang ia miliki dan yang ia harapkan.
Maslow membagi kebutuhan menjadi lima tingkat, yaitu
1. Kebutuhan
fisiologis
2. Kebutuhan
akan perasaan aman
3. Kebutuhan
sosial
4. Kebutuhan
akan penghargaan diri
5. Kebutuhan
akan aktualisasi diri
Kebutuhan fisiologis berkenaan dengan kebutuhan
pokok manusia seperti pangan, sandang, dan perumahan. Kebutuhan akan rasa aman
berkenaan dengan keamanan yang bersifat fisik dan psikologis. Sebagai
ilustrasi, individu tidak boleh diganggu secara fisik dan biarkan untuk
berkreasi. Kebutuhan sosial berkenaan dengan perwujudan berupa diterima oleh
orang lain, jati diri yang khas, berkesempatan maju, merasa diikutsertakan
maju, dan pemilikan diri. Sebagai ilustrasi, individu diperbolehkan untuk
aktualisasi diri berkenaan dengan kebutuhan individu untuk menjadi sesuatu yang
sesuai dengan kemampuannya.Sebagai ilustrasi, seorang anak desa boleh menjadi
prajurit, berpangkat jenderal, dan menjadi kepala negara, karena dia mampu dan
diberi peluang.
Dari segi dorongan, menurut Hull dorongan atau
motivasi berkembang untuk kebutuhan organisme.Di samping itu juga merupakan
sistem yang memungkinkan organisme dapat dipelihara kelangsungan hidupnya.
Kebutuhan-kebutuhan organisme merupakan penyebab munculnya dorongan, dan
dorongan akan mengaktifkan tingkah laku mengembalikan keseimbangan fisiologis
organisme. Tingkah laku organisme terjadi disebabkan oleh respons dari
organisme, kekuatan, dorongan organisme, dan penguatan kedua hal tersebut.Hull
memang menekankan dorongan sebagai motivasi penggerak utama perilaku, tetapi
kemudian juga tidak sepenuhnya menolak adanya pengaruh faktor-faktor
eksternal.Dalam hal ini insentif (hadiah atau hukuman) mempengaruhi intensitas
dan kualitas tingkah laku organisme.
Dari segi tujuan, maka tujuan merupakan pemberi arah
pada perilaku.Secara psikologis, tujuan merupakan titik akhir “sementara”
pencapaian kebutuhan.Jika tujuan tercapai, maka kebutuhan terpenuhi untuk
“sementara”.Jika kebutuhan terpenuhi, maka orang menjadi puas dan dorongan
mental untuk berbuat “terhenti sementara”
untuk lebih lengkapnya silahkan download link di bawah ini :
linknya ganti lain jangan ke ziddu.com ada virusnya
BalasHapusTQ sist atas makalah nya. langsung di sedot
BalasHapusterima kasih postingannya mas bro
BalasHapusthank's for a lot of...
BalasHapusada viruuuus ziddu !!
BalasHapusgak trdeteksi laptop udahan -_-"
trim
BalasHapustrimsss
BalasHapusiska
Kok makalahx gak bisa terdownload ya?
BalasHapusbagus artikelnya kak, kunjung balik ya kak,
BalasHapusazzahra-official.com tempat berbagi makalah geratis