Struktur dari original taksonomi Bloom (sebelum di revisi)
- Ranah Kognitif
Tujuan kognitif atau Ranah kognitif adalah
ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Menurut Bloom, segala upaya yang
menyangkut aktifitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. Dalam ranah
kognitif itu terdapat enam jenjang proses berfikir, mulai dari jenjang terendah
sampai jenjang yang tertinggi.yang meliputi 6 tingkatan:
- Pengetahuan (Knowledge), yang disebut C1
- Pemahaman (Comprehension), yang disebut C2
- Penerapan (Aplication), yang disebut C3
- Analisis (Analysis), yang disebut C4
- Sintesis (Synthesis) , yang disebut C5Evaluasi (Evaluation), yang disebut C6
- Kegiatan membuat penilaian berkenaan dengan nilai sebuah ide, kreasi, cara, atau metode. Evaluasi dapat memandu seseorang untuk mendapatkan pengetahuan baru, pemahaman yang lebih baik, penerapan baru dan cara baru yang unik dalam analisis atau sisntesis.
- Ranah Afektif
Ranah afektif adalah ranah yang berhubungan
dengan sikap dan nilai. Beberapa pakar mengatakan bahwa, sikap seseorang dapat
diramalkan perubahannya. Bila seseorang memiliki penguasaan kognitif yang
tinggi, ciri-ciri belajar efektif akan tampak pada peserta didik dalam berbagai
tingkah laku. Misalnya; perhatiannya terhadap pelajaran, disiplin, motivasi
belajar, menghargai guru dan teman sekelas, kebiasaan belajar dan hubungan sosial.
Ada beberapa kategori dalam ranah afektif sebagai hasil belajar; (a) Receiving/
attending/ menerima/ memperhatikan. (b)Responding/ menanggapi.
(c) Valuing/ penilaian. (d) Organization/ Organisasi.
(e) Characterization by a value or value complex/ karakteristik
nilai atau internalisasi nilai.
Receiving/ attending/ menerima/
memperhatikan adalah semacam kepekaan dalam menerima rangsangan (stimulasi)
dari luar yang datang kepada siswa dalam bentuk masalah, situasi, gejala dan
lain-lain. Dalam tipe ini termasuk kesadaran, keinginan untuk menerima
stimulus, control dan seleksi gejala atau rangsangan dari luar. Receiving juga
diartikan sebagai kemauan untuk memperhatikan suatu kegiatan atau suatu objek.
Pada jenjang ini peserta didik dibina agar mereka bersedia menerima nilai-nilai
yang diajarkan kepada mereka dan mereka mempunyai kemauan menggabungkan diri ke
dalam nilai itu atau mengidentifikasi diri dengan nilai itu.
Responding/ menanggapi adalah
suatu sikap yang menunjukkan adanya partisipasi aktif atau kemampuan
menanggapi, kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengikutsertakan dirinya
secara aktif dalam fenomena tertentu dan membuat reaksi terhadapnya dengan
salah satu cara. Hal ini mencakup ketepatan reaksi, perasaan, kepuasan dalam
menjawab stimulus dari luar yang datang kepada dirinya. Valuing/
penilaian, menilai atau menghargai artinya memeberikan nilai atau memberikan
penghargaan terhadap suatu kegiatan atau objek, sehingga apabila kegiatan itu
idak dikerjakan kan memebrikan suatu penyesalan. Dalam kaitannya dengan proses
pembelajaran peserta didik tidak hanya mau menerima nilai yang diajarkan mereka
telah berkemampuan untuk menilai konsep atau fenomena baik atau buruk.
Organization/ Organisasi yakni
pengembangan dari nilai ke dalam suatu sistem organisasi, termasuk hubungan
suatu nilai dengan nilai yang lain, pemantapan dan prioritas nilai yang telah
dimilikinya. Yang termasuk kedalam organisasi ialah konsep tentang nilai,
organisasi sistem nilai dan lain-lain. Characterization by a value or
value complex/ karakteristik nilai atau internalisasi nilai adalah
keterpaduan semua sistem nilai yang telah dimiliki seseorang, yang mempengaruhi
pola kepribadian dan tingkah lakunya. Proses internalisasi nilai telah
menempati tempat tertinggi dalam hierarki nilai.
Bentuk-bentuk aktivitas dalam pembelajaran
matematika
- Menerima: Siswa menanyakan perbandingan perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai.
- Menanggapi: Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru tentang perbandingan senilai.
- Menilai: Siswa melengkapi jawaban temannya yang di tampilkan di depan kelas.
- Mengelola: Siswa dapat mengubah bilangan persen ke bentuk decimal.
- Menghayati: Siswa melengkapi catatan matematikanya serta membuat tugas yang diberikan guru.
- Ranah Psikomotor
Ranah Psikomotor adalah ranah yang berkaitan
dengan keterampilan (skiil) atau kemampuan bertindak setelah
seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Adapun kategori dalam ranah
psikomotor; (a) Peniruan, (b) Manipulasi, (c) Pengalamiahan, (d) Artikulasi.
Struktur dari taksonomi Bloom (setelah di revisi)
- Struktur dari dimensi proses kognitif
- Mengingat
Dapat mengingat kembali pengetahuan yang
diperoleh dalam jangka waktu yang lama
- Mengerti
Membangun makna dari
pesan-pesan instruksional, termasuk lisan, tulisan,
dan grafik komunikasi,
termasuk di dalamnya:
- Interpreting (menerjemahkan)
- Exemplifying (Mencontohkan)
- Classifying ( Mengklasifikasikan)
- Summarizing (Meringkas)
- Inferring (Menyimpulkan)
- Comparing Membandingkan)
- Explaining (Menjelaskan)
- Menerapkan
Melaksanakan atau menggunakan prosedur dalam
suatu situasi tertentu
- Menganalisis
Kemampuan seseorang untuk merinci atau
menguraikan suatu bahan atau keadaan menurut bagian-bagian yang lebih kecil dan
mampu memahami hubungan diantara bagian-bagian yang satu dengan yang lainnya.
- Mengevaluasi
Kemampuan seseorang untuk membuat pertimbangan
terhadap situasi, nilai atau ide atau mampu melakukan penilaian
berdasarkan kriteria dan standar
- Berkreasi
Kemampuan menyusun
unsur-unsur untuk membentuk suatu keseluruhan koheren atau fungsional,
mereorganisasi unsur ke dalam pola atau struktur baru, termasuk
didalamnya:
- Generating (hipotesa)
- Planning (Perencanaan)
- Producing ( Penghasil)
Kata Operasional dari dimensi proses taksonomi Bloom
· Mengingat - Mengenali,
daftar, menjelaskan, mengidentifikasi, mengambil, penamaan, mencari, menemukan
· Memahami - meringkas,
menyimpulkan, parafrase, mengklasifikasi, membandingkan, menjelaskan,
mencontohkan
· Menerapkan - Menerapkan,
melaksanakan, menggunakan, melaksanakan
· Menganalisis
- Membandingkan, mengorganisir, dekonstruksi, menghubungkan,
menguraikan, menemukan, penataan, mengintegrasikan
· Mengevaluasi
- Memeriksa, hypothesising, mengkritisi, percobaan, penilaian,
pengujian, Mendeteksi, Monitoring
· Menciptakan
- merancang, membangun, perencanaan, menghasilkan, menciptakan,
merancang, membuat
untuk lebih lengkapnya, silahkan klik link di bawah ini
Taksonomi Bloom dan Marizano
konten nya bagus. Bermanfaat!
BalasHapus